Sufisme


SUFISME

 

Ilustrasi Sufisme  

PENGANTAR SUFISME

 

Definisi Sufisme menurut Mr. G.B.J Hiltermann dan Prof.Dr.P.Van De Woestijne, adalah paham mistik dalam agama Islam sebagaimana Taoisme di Tiongkok dan ajaran Yoga di India, sedangkan menurut Dr. C.B. Van Haeringen sufisme adalah aliran kerohanian mistik dalam agama Islam. (Sumber : wikipedia, sufisme)

Sufi, dalam islam adalah istilah untuk mereka yang mendalami ilmu tasawwuf, yaitu ilmu yang mendalami ketakwaan kepada Allah swt. Ilmu yang dipelajari namanya tasawuf, orang yang mengamalkannya namanya salik, perjalanannya namanya suluk, jalan yang dilaluinya namanya thoriqoh (di indonesia dikenal tarekat, dijawa dikenal tirakat) -- memiliki akar tujuan yang sama, tetapi dalam perjalanannya ketiga kata ini diartikan berbeda.

Di agama Budha, dikenal sebagai tahap arupadatu, sedangkan di agama Kristen dikenal sebagai biarawan/ biarawati, sebagai cara menjalani kehendak Tuhan secara penuh dan memerdekakan diri dari budak kesenangan dunia.

Istilah sufi -- orang suci -- dalam perjalanannya dipakai secara luas, bukan saja untuk tokoh agama dari agama tertentu, tetapi bagi seseorang yang secara spiritual dan rohaniah telah matang dan yang kehidupannya tidak lagi membutuhkan dan melekat kepada dunia dan segala isinya, kecuali untuk kebutuhan dasarnya saja.

Sufi dalam konteks ini diamalkan sebagai cara sejati untuk memurnikan jiwa dan hati, mendekatkan diri kepada Tuhan dan mendekatkan diri kepada SorgaNya.



TOKOH-TOKOH SUFI


Tokoh-tokoh Sufisme, yang terkenal antara lain : Al Hallaj, Jalaluddin Rumi, Abdul Qadir jaelani, Abu Nawas, Syekh SIti Jenar, dan masih banyak lagi.

Saya pribadi lebih sepakat dengan pendapat bahwa sufisme adalah jalan menuju kemurnian batin, maka dalam Page ini, tulisan-tulisan yang saya masukkan tidak melulu yang 'nuansa agamis'-nya kental, tapi yang mengangkat tema budaya, terkait moral, estetika, sosial, kemanusiaan, dalam 'penyajian lebih cair' juga saya masukkan sebagai tulisan  sufisme. Maka beberapa karya Anthony de Mello Sj, Mohammad Sobary, Guyonan Emha Ainun Najib, Humor Gus Dur, dll, di sini.

Bagi yang berminat sejenak menapaki jalan sufi, silahkan langsung meluncur ke:

DAFTAR TULISAN SUFISME


dan selamat menikmati, menyerap makna, dan mengambil hikmah Sufisme bagi kehidupan ...


Salam Hangat,



Thomas Pras

Title: Sufisme; Written by Thomas Prasasti; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar