MANFAAT MEMPELAJARI LOGIKA

MANFAAT BELAJAR LOGIKA

 

ilustrasi berfikir logis, sumber di sini

Manusia pada hakikatnya adalah makhluk yang berpikir, merasa, bersikap dan bertindak. Sikap dan tindakan manusia ini biasanya berasal dari sumber pengetahuan yang didapatkan lewat kegiatan merasa atau berpikir.   

Manusia berpikir tentang fenomena, sebab adanya keraguan pada suatu hal, atau adanya keingintahuan untuk mencari kebenaran tentang suatu hal.  Oleh karena itu dalam proses belajar, perlu dilakukan dengan cara yang benar, logis. 



Manfaat mempelajari logika antara lain :

  1. Membantu setiap orang yang mempelajari logika untuk berpikir secara rasional, kritis, lurus, tetap, tertib, metodis dan koheren.
  2. Meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak, cermat, dan objektif.
  3. Menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri.
  4. Memaksa dan mendorong orang untuk berpikir sendiri dengan menggunakan asas-asas sistematis
  5. Meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kesalahan-kesalahan berpkir, kekeliruan, serta kesesatan.
  6. Mampu melakukan analisis terhadap suatu kejadian.
  7. Terhindar dari klenik, tahayul, atau kepercayaan turun-temurun (bahasa Jawa: gugon-tuhon)
  8. Apabila sudah mampu berpikir rasional, kritis, lurus, metodis dan analitis sebagaimana tersebut pada butir pertama maka akan meningkatkan citra diri seseorang.

 MACAM MACAM LOGIKA


Logika Alamiah


Logika alamiah adalah kinerja akal budi manusia yang berpikir secara tepat dan lurus sebelum dipengaruhi oleh keinginan-keinginan dan kecenderungan-kecenderungan yang subjektif. Kemampuan logika alamiah manusia ada sejak lahir. Logika ini bisa dipelajari dengan memberi contoh penerapan dalam kehidupan nyata.


Logika Ilmiah


Logika ilmiah memperhalus, mempertajam pikiran serta akal budi. Logika ilmiah menjadi ilmu khusus yang merumuskan asas-asas yang harus ditepati dalam setiap pemikiran. Berkat pertolongan logika ilmiah inilah akal budi dapat bekerja dengan lebih tepat, lebih teliti, lebih mudah, dan lebih aman. Logika ilmiah dimaksudkan untuk menghindarkan kesesatan atau, paling tidak, dikurangi.




Sumber :
1. Wikipedia.org
2.  Adhychezz
3.
Title: MANFAAT MEMPELAJARI LOGIKA; Written by Thomas Prasasti; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar